Rabu, 26 Juni 2013 - 15:52:57 WIB
Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
Diposting oleh : Div. Informasi
Kategori: Investasi - Dibaca: 262 kali

Kubu Raya dengan luas sekitar 6.985,20 Km2, mempunyai berbagai potensi  sumber daya alam untuk pengembangan pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan serta dalam bentuk potensi  bahan tambang dan sumber daya energi. Selain sektor pertanian yang menjadi primadona, sektor perikanan memiliki potensi yang dapat diandalkan yang didominasi oleh perikanan laut mengingat Kabupaten Kubu Raya memiliki luas laut yang memadai yaitu luas sekitar 1.630,68 Km2 dan luas perairan umum sekitar 760 Km2.

Pertanian lahan kering maupun lahan basah sangat potensial, terdapat beberapa komoditas yang dibudidayakan yaitu : padi, jagung, ubi, kedelai, kacang tanah serta sayur dan buah-buahan. Daerah-daerah sentra penghasil komoditas tersebut antara lain adalah Kecamatan Sungai Kkap,Terentang, Batu Ampar, Rasau Jaya dan Teluk Pakedai. Daerah-daerah ini merupakan daerah yang terkenal  di Kalimantan Barat sebagai sentra pertanian dengan produksi pertanian yang cukup besar. Bahkan untuk Kecamatan Sungai Kakap telah diusulkan menjadi kawasan Usaha Agropolitan Terpadu (KUAT) dan juga Kecamatan Rasau Jaya sebagai Kota Mandiri Terpadu (KTM), dengan basis industri pertanian, peternakan dan perikanan dengan daya dukung lahan yang memadai.


Kegiatan perkebunan untuk komoditas dalam skala industri yaitu komoditas karet, kelapa dan kelapa sawit yang tersebar beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Ambawang, Kuala Mandor B, Batu Ampar, Kubu dan Sungai Kakap dengan produksi yang cukup baik, bahkan untuk komoditas kelapa sawit diperkirakan produsinya akan terus meningkat seiring makin banyaknya pelaku usaha yang melakukan pembukaan areal baru untuk perkebunan kelapa sawit.

Potensi sektor kehutanan masih didominasi pada industri pengolahan kayu yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu Industri Primer Izin Usaha Industri Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUI-PHHK) dan Izin Pengolahan Kayu Lamjutan (IPKL). Potensi hutan alam dan hutan produksi cenderung menurun dan hanya jenis tertentu yang dapat dimanfaatkan yaitu potensi kayu bakau (mangroove) dengan pangsa pasar ekspor dalam bentuk arang briket dan juga Hutan Tanaman Industri.
Peternakan hewan dan unggas dengan jumlah yang potensial terdapat disetiap kecamatan Kabupaten Kubu Raya dengan jenis sapi, kambing, kerbau dan babi. Kelompok unggas didominasi oleh jenis ayam dan bebek. 


Sektor perikanan produksinya didominasi oleh perikanan laut, disamping juga terdapat dari budidaya tambak, kolam dan keramba dalam jumlah yang cukup berarti.

Dilihat dari potensi yang ada, peluang pengembangan usaha perikanan budidaya di wilayah Kabupaten Kubu Raya masih sangat potensial untuk dikembangkan khususnya pada komoditas-komoditas yang prosfektif seperti komoditas ikan-ikan air tawar berupa ikan mas, ikan betutu, udang galah, ikan lele, ikan nila, ikan paten, ikan bawal dan ikan jelawat. Sementara untuk budidaya air payau dan laut komoditas yang prosfektif yang dapat dikembangkan berupa ikan kerapu, udang windu, udang vanamaae, kepiting bakau, ikan bandeng dan ikan kakap putih. Selain ikan-ikan konsumsi, prosfektif pengembangan usaha perikanan budidaya yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Kubu Raya adalah pada komoditas ikan arwana. Komoditas ini cukup banyak dikembangkan di wilayah Kabupaten Kubu Raya, baik dari investor lokal maupun investor dari luar Propinsi Kalimantan Barat.


Bahan Galian C terdiri dari pasir sungai, pasir dan tanah dan kuasa pertambangan jenis bauksit serta batu bara.


Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kubu Raya
Jl. Arteri Supadio, Sungai Raya Telp. +62 561 724456 Fax. +62 561 724457
Copyright © 2011-2013 by bpmptkkr. All rights reserved
Email: info@bpmpt.kuburayakab.go.id